Latest Updates

Manajemen Resiko


Manajemen resiko yaitu penerapan  secara  sistematis  dari  kebijakan manajemen,  prosedur  dan  akitivitas  dalam kegiatan  identifikasi  bahaya,  analisa, penilaian,  penanganan  dan  pemantauan serta review risiko.

Tujuan manajemen resiko adalah memberikan informasi berkaitan  dengan kegiatan yang ada dalam  manajemen resiko sesuai dengan  tahapan-tahapannya.


Resiko adalah ukuran kemungkinan kerugian yang akan timbul dari sumber bahaya (hazard) tertentu yang terjadi atau dengan kata lain resiko merupakan kesempatan untuk terjadinya cedera/kerugian dari suatu bahaya, atau kombinasi dari kemungkinan dan akibat risiko  (konsekuensi).
"The chance of loss or gain"

Untuk menentukan resiko membutuhkan perhitungan antara konsekuensi/dampak yang mungkin timbul dan probabilitas, yang biasanya disebut sebagai tingkat resiko (level of risk).  

Hazard adalah sumber bahaya potensial yang dapat menyebabkan kerusakan.
Hazard dapat berupa bahan-bahan kimia, bagian-bagian mesin, bentuk energi, metode kerja atau situasi kerja. 

Harm adalah kerusakan atau bentuk kerugian berupa kematian, cidera, sakit fisik atau mental, kerusakan properti, kerugian produksi, kerusakan lingkungan atau kombinasi dari kerugian-kerugian tadi. 

Danger merupakan tingkat bahaya dari suatu kondisi dimana atau kapan muncul sumber bahaya. 

Aman  (safe)  adalah  suatu kondisi  dimana  atau  kapan munculnya  sumber  bahaya telah dapat dikendalikan ke tingkat yang memadai, dan ini  adalah  lawan  dari bahaya (danger). 
Aman >< Danger 
   
FAKTOR-FAKTOR ANCAMAN RESIKO KECELAKAAN 





   

0 Response to "Manajemen Resiko"

Posting Komentar