Latest Updates

Cara Menggunakan APAR

training APAR
Pada artikel sebelumnya telah kita bahas tentang pengertian APAR, fungsi, jenis dan persyaratan teknis. Kali ini kita akan membahas cara menggunakan APAR.

Tata cara penggunaan APAR (Alat Pemadam Api Ringan)  : 
1. Tarik/Lepas Pin pengunci tuas APAR 
2. Arahkan selang ke titik pusat api. 
3. Tekan tuas untuk mengeluarkan isi APAR  
4. Sapukan secara merata sampai api padam dengan cara gerakkan ujung pipa ke kiri dan ke kanan untuk menyebarkan bahan pemadam api yang keluar dari tabung.

Yang perlu diperhatikan : 
· Posisi harus membelakangi arah angin, caranya dengan menyemprotkan terlebih dahulu APAR ke udara sebelum mengoperasikan ke areal terbakar. 
· Pastikan ruang gerak cukup untuk mendekati api. 
· Bergerak merunduk. 
· APAR diuji coba terlebih dahulu sebelum dipergunakan. 
· Berhati-hatilah terhadap sambaran balik api, harus selalu waspada. 
· Selalu bersiap dan sigap untuk mundur kebelakang menghindari api. 
· Selalu memadamkan api dengan jarak maksimum antara tabung APAR mengarah langsung ke api. 
· Ada APAR yang perlu dibalik terlebih dahulu sebelum dipergunakan, supaya media isi APAR yang sudah lama tidak dipergunakan bisa beroperasi dengan optimal.

Klasifikasi kebakaran Indonesia sesuai dengan klasifikasi menurut NFPA, seperti yang tertuang pada Peraturan Menteri Nakertrans : 04/Men/tahun1980, yaitu :
Kelas A 
Kebakaran yang disebabkan oleh benda-benda padat, misalnya kertas, kayu, plastik, karet, busa, dan lain-lainnya. Media yang baik untuk pemadaman kebakaran untuk kelas ini adalah: air, pasir, karung goni yang dibasahi, dan APAR tepung kimia kering. 

Kelas B 
Kebakaran yang disebabkan oleh benda-benda mudah terbakar berupa cairan, misalnya bensin, solar, minyak tanah, spirtus, alkohol, dan lain-lainnya. Media yang baik untuk pemadaman kebakaran untuk kelas ini adalah: pasir, APAR tepung kimia kering. Dilarang memakai air untuk jenis ini karena berat jenis air lebih berat daripada berat jenis bahan di atas, sehingga bila kita menggunakan air maka kebakaran akan melebar kemana-mana. 

Kelas C 
Kebakaran yang disebabkan oleh listrik. Media yang baik untuk pemadaman kebakaran untuk kelas ini adalah: APAR tepung kimia kering. Matikan dulu sumber listrik agar kita aman dalam memadamkan kebakaran. 

Kelas D 
Kebakaran pada logam seperti magnesium dan sodium. Ini tergolong kebakaran berat dan dalam mematikan api kita perlu menggunakan alat khusus.Ukuran APAR juga perlu diperhatikan karena akan berpengaruh pada luas api yang akan dimatikan. Misalnya APAR ukuran 9 kg digunakan untuk 5 m2 luas api, jadi per kilonya dapat digunakan untuk 0,5 m2. 


Referensi :
http://ppnisardjito.blogspot.com/2012/07/pengenalan-apar-dan-cara-penggunaan.html
http://tabungpemadamapi.org/cara-menggunakan-alat-pemadam-api/
http://www.slideshare.net/ekokiswantoslide/materi-pelatihan-apar-1#

0 Response to "Cara Menggunakan APAR"

Posting Komentar