Latest Updates

Tips Sehat Bekerja Di Depan Monitor


Tips Sehat Bekerja Di Depan Monitor

Bekerja di depan monitor mungkin telah menjadi tuntutan pekerjaan kita sehari-hari. Di era sekarang ini komputer/laptop memegang peranang penting dalam kehidupan. Tak hanya digunakan untuk bekerja dan belajar tapi juga untuk refreshing seperti bermain game. Terlalu lama berada di depan komputer menimbulkan efek negatif bagi kesehatan. Selain perut buncit karena minim pembakaran kalori dalam tubuh, juga berdampak serius pada kesehatan mata akibat radiasi gelombang elektromagnetik. Gangguan lain yang menyertainya seperti sakit kepala,sakit leher dan bahu pegal. Oleh karena itu, perlu diperhatikan cara yang aman dan sehat bekerja di depan monitor. Berikut ini beberapa tips sehat bekerja di depan monitor bagi Anda.

1. Atur Posisi Duduk
Hindari posisi membungkuk karena akan membuat cepat lelah terutama di bagian leher dan punggung.  Sebaiknya atur posisi tubuh dan mata sejajar dengan layar komputer agar tubuh menjadi lebih rileks dan dapat mengurangi rasa lelah pada mata dan punggung. Duduklah secara tegak dengan posisi duduk berada pada sudut siku-siku atau 90 derajat. Jarak siku dengan posisi keyboard pun harus berada pada kisaran 100 derajat dari siku tangan. 

2. Perhatikan Penempatan Keyboard dan Mouse
Tempatkan keyboard pada posisi paling nyaman, atur agar pergelangan tangan tetap lurus saat mengetik. Untuk mouse sendiri sebaiknya letakkan di posisi yang mudah dijangkau.

3. Atur Cahaya Ruangan 
Tidak disarankan cahaya ruangan lebih cerah atau terang dibandingkan dengan kecerahan layar monitor. Redupkanlah beberapa lampu namun jangan sampai ruangan terlalu gelap karena hal ini juga sangat tidak baik. Bisa juga cara yang lebih praktis dan mudah yaitu mengatur tingkat kecerahan layar monitor. Aturlah cahaya sesuai kondisi cahaya yang menerangi ruangan.

4. Atur kecerahan layar monitor 
Kornea mata sangat sensitif yang terlalu terang. Oleh karena itu, atur kecerahan layar monitor agar nyaman ketika digunakan. Layar yang terlalu cerah akan membuat mata cepat lelah dan sakit. 

5. Hindari Bekerja di Tempat Gelap
Saat bekerja dengan menggunakan komputer, hindari bekerja dengan suasana tempat yang gelap. Tempat yang gelap akan membuat mata bekerja lebih keras saat menatap layar komputer yang terang sehingga membuat mata kamu cepat lelah. 

6. Gunakan screen protector 
Pertimbangkan untuk menggunakan screen protector/pelindung layar pada komputer/laptop Anda. Screen protector berfungi mengurangi efek radiasai yang dipancarkan layar komputer. 

7. Atur jarak pandang 
Jarak ideal mata dengan monitor adalah 100 cm, atau paling tidak 50 cm lebih masih diperbolehkan. Terlalu dekat mata Anda dengan layar monitor, maka akan membuat mata cepat lelah dan sakit. 

8. Lakukan Pola 20 20 20
Pola 20 20 20 merupakan pola yang diperkenalkan oleh Mark Rosenfield, PhD, seorang professor dari Amerika. Pengertian dari pola ini adalah bahwa setiap 20 menit mata harus diistirahatkan dengan frekuensi selama 20 detik dengan melihat atau mengamati objek lain dalam jangkauan sejauh 20 meter.

9. Mengistirahatkan mata secara berkala 
Normalnya kita mengedipkan mata 18 kali setiap satu menit. Namun ketika di depan layar komputer kita akan terpaku dengan pekerjaan yang sedang dihadapi sehingga akan lebih sedikit untuk berkedip. Sebaiknya, meskipun pekerjaan sangat menumpuk, tapi usahakan agar meluangkan waktu sekitar 10-15 menit untuk mengistirahatkan tubuh. Bisa dengan berjalan santai di sekitar meja kamu atau melakukan gerakan-gerakan kecil seperti memutar leher searah atau berlawanan dengan jarum jam, meregangkan jari, atau melakukan gerakan seperti sedang senam. 

10. Alihkan perhatian sejenak 
Menggunakan komputer akan membuat mata Anda tertuju hanya pada objek di monitor. Sebaiknya alihkan pandangan beberapa saat untuk memperhatikan hal sekitar agar mata tak cepat lelah. 

11. Gunakan Kacamata
Penggunaan kacamata tidak hanya berlaku bagi orang-orang yang memiliki minus ataupun silindris. Kacamata juga cukup membantu bagi mereka yang masih normal. Hal ini juga bermanfaat agar mata tidak minus dan tetap sehat. Disarankan penggunaan kacamata khusus, misalnya kacamata antiradiasi. Kacamata ini sangat berguna apalagi bagi mereka yang masih memakai monitor CRT (tabung) 

12. Perbanyak Konsumsi Buah dan Sayur 
Buah-buahan dengan kandungan vitamin A yang tinggi sangat baik untuk kesehatan mata. Untuk itu, perbanyaklah konsumsi buah yang baik untuk kesehatan mata.

13. Lakukan Tes Mata Secara Berkala 
Untuk mengetahui kondisi kesehatan mata Anda, sebaiknya periksakan kepada dokter spesialis mata setiap 3 bulan sekali. Dengan begini, jika ada keluhan pada mata akan segera mendapat penanganan.

14. Minum Teh Madu
Teh madu dipercaya dapat membantu mata menahan radiasi komputer. Beristirahat sejenak sambil menikmati manisnya teh madu akan membuat mata kembali segar. Tak hanya mengatasi masalah mata lelah, tubuh pun kembali rileks setelah penat mengerjakan berbagai tugas.

15. Pembersihan Layar Monitor
Pemakaian layar komputer yang terlalu sering tentu akan mengakibatkan adanya noda dan debu pada layar komputer Ternyata hal ini cukup mengganggu mata, membuat mata jadi tegang, dan sulit fokus. Untuk itu pembersihan layar komputer sangat penting dilakukan.

Tips sehat bekerja di depan monitor merupakan upaya untuk tetap menjaga kesehatan kita walau dengan intensitas bekerja di depan monitor secara terus menerus. Jangan sampai kita mengorbankan kesehatan kita yang merupakan aset masa depan. Tetap jaga kesehatan diri kita.

4 Responses to "Tips Sehat Bekerja Di Depan Monitor"

  1. minum teh madu keknya enak tuh....
    atau ane keknya perlu melaksakan rumus 20-20-20...

    < VB >

    BalasHapus
  2. Terima kasih, Sangat membantu !!, Saya Sering sekali melalaikan duduk yang tidak tegak dan hanya mengikuti maunya badan inginkan.

    saya ada membuat sebuah website : tolong di berikan komentar mengenai website ini : visit homepage
    Terima Kasih :*

    BalasHapus
  3. Silahkan di kunjungi ya teman teman 100% Memuaskan
    > Hoki anda ada di sini <
    1 USER ID UNTUK SEMUA GAME
    Kami memberi bukti bukan Janji
    Daftar sekarang juga di www.dewalotto.club
    MIN DEPO & WD HANYA Rp.20.000,-
    UNTUK INFORMASI SELANJUTNYA BISA HUB KAMI DI :
    WHATSAPP : ( +855 69312579 ) 24 JAM ONLINE
    MELAYANI TRANSAKSI VIA BANK :
    BCA - MANDIRI - BRI - BNI - DANAMON-NIAGA
    Raihlah Mimpi Anda Setiap Hari & Jadilah Pemenang !!!

    BalasHapus