Latest Updates

7 Tips Aman Untuk Ibu Hamil Yang Bekerja


Salah satu kodrat sebagai seorang wanita yang berbahagia adalah mendapatkan kehamilan. Hamil adalah dambaan bagi setiap wanita. Meskipun ia adalah seorang pekerja, namun hamil menjadi prioritas utama yang tak boleh diabaikan. Ada beberapa perusahaan yang masih memberikan kesempatan bekerja untuk beberapa bulan saja hingga kehamilan membesar, tergantung dengan kondisi kesehatan ibu dan bayi. Kehamilan adalah anugerah yang harus dijaga, oleh karenanya menjadi prioritas untuk bekerja secara aman di tempat kerja. Berikut ini tips aman untuk ibu hamil yang bekerja.

1. Gunakan pakaian yang nyaman
Ibu hamil yang sedang bekerja biasanya mendapatkan kelonggaran untuk mengenakan pakaian yang sesuai dengan kehamilan. Sebaiknya, gunakan pakaian yang agak longgar ketika bekerja. Pakaian longgar lebih fleksible ketika bergerak dan tidak menekan, sehingga bagian perut terasa lebih nyaman.

2. Konsumsi makanan sehat
Ibu hamil harus selalu mengkonsumsi makanan yang sehat setiap hari. Konsumsi makanan ringan bergizi seperti irisan sayuran, buah-buahan, yoghurt, keju, kecambah, kedelai, susu dan produk telur. Hal ini penting untuk menjaga kondisi kehamilan dan kondisi tubuh ibu hamil ketika bekerja. Selain itu, setidaknya konsumsi empat porsi kalsium, folat dan omega 3 setiap hari. 


3. Makan camilan sehat

Ketika bekerja, jangan sampai melupakan kondisi kandungan. Jangan sampai perut merasa lapar. Oleh karena itu, di sela-sela bekerja, makan camilan sehat seperti buah atau telur rebus. Kodisi lapar ketika hamil dapat menyebabkan kadar gula darah rendah dan menyebabkan mual.

4. Minum suplemen
Ibu hamil yang bekerja sebaiknya, memenuhi kebutuhan vitamin C. Oleh karena itu, konsumsi buah-buahan atau jus yang mengandung vitamin C dan bila perlu minum suplemen sebagai tambahan.


5. Jaga pola tidur

Ibu hamil yang bekerja memerlukan waktu istirahat yang lebih banyak. Sebaiknya, tidur sepuluh atau sebelas jam saat malam hari. Hal ini untuk memastikan aliran darah baik untuk bayi dan membantu mencegah pembengkakan.


6. Olahraga kecil

Olahraga kecil seperti berjalan-jalan kecil sangat membantu mengurangi kemungkinan adanya pembekuan darah, varises dan pembengkakan pada kaki. Hindari olahraga berat.


7. Informasikan kehamilan pada atasan

Saat bekerja sebaiknya informasikan kehamilan pada atasan tentang kehamilan. Hal ini penting agar pihak perusahaan memberikan dispensasi pekerjaan berat menjadi ringan. Selain itu, penting juga agar Anda mendapat perlakuan ekstra agar berhati-hati demi kehamilan yang sehat.

Hamil bukan penghalang untuk bekerja. Namun, kondisi hamil penting untuk dijaga. Oleh karena itu, ibu hamil sebaiknya tidak memaksakan diri untuk bekerja. Sesuaikan dengan kondisi kesehatan Anda.

0 Response to "7 Tips Aman Untuk Ibu Hamil Yang Bekerja"

Posting Komentar