Latest Updates

Standart Kelengkapan Pada Penyelaman (Scuba Diving)

Menyelam adalah kegiatan yang dilakukan dibawah permukaan air dengan atau tanpa menggunakan peralatan selam, dengan untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Dalam kegiatan penyelaman terdapat dua jenis kegiatan selam menurut kebutuhan dan kelengkapannya, yaitu skin diving dan scuba diving. Skin diving merupakan penyelaman yang dilakukan dengan menggunakan peralatan selam dasar (masker, snorkel dan fins) dan biasanya hanya dilakukan untuk kegiatan snorkling (menikmati pemandangan bawah permukaan air) atau sport diving (penyelaman olahraga. Sedagkan scuba diving merupakan penyelaman yang menggunakan peralatan selam lengkap atau biasa disebut peralatan SCUBA (Self Breathing Underwater Breathing Apparatus) yang biasanya digunakan untuk kegiatan penyelaman ilmiah (Scientific Diving), penyelaman komersial (engginering dive, ship salvage, inspection & repair), ataupun penyelaman yang dilakukan oleh para marinir untuk kegiatan pertahan dan keamanan (Tactical / Combat Diving). Nah, kali ini kita akan membahas standart kelengkapan yang digunakan pada scuba diving. 


Kita kehilangan hangat tubuh 20 kali lebih cepat dari bawah air daripada di darat. Itu membuat kamu memerlukan isolasi yang cukup untuk menyelam nyaman.
1. Silinder
Mengandung udara bertekanan tinggi atau udara kaya oksigen, untuk memberikan udara bagi kamu untuk bernapas di bawah air. Tanki silinder terdiri dari banyak ukuran, yang umum adalah 12 Liter atau 80 cubic feet, terbuat dari besi atau aluminium, satuan ukur dalam PSI atau BAR. Untuk standar, biasanya itu diisi dari kisaran 150-200 bar atau 2250-3000 psi.

2. Buoyancy Compensating Device (BCD)
Digunakan seperti hidup jaket penyelamat, bisa membuat kamu mengapung di permukaan air ketika diisi oleh udara dari tangki silinder. Ketika jaket kosong, dia dapat memberikan daya apung negatif untuk tenggelam ke bawah air dengan bantuan sistem pemberat (dibahas pada butir 10). Alat ini termasuk sistem harness yang dapat membawa silinder di punggung kamu.

3. Baju selam
Kita kehilangan hangat tubuh 20 kali lebih cepat dari bawah air daripada di darat. Itu membuat Anda memerlukan isolasi yang cukup untuk menyelam nyaman. Berbagai jenis pakaian selam untuk suhu air yang berbeda: wet suit atau dry suit.

4. Regulator
Memberikan udara dari silinder ketika kita menarik napas. Hal ini juga membantu untuk menyesuaikan tekanan udara tinggi dari tangki silinder agar sesuai dengan tekanan udara sekitarnya untuk dipakai bernapas.

5. Sumber Udara Alternatif
Ekstra regulator untuk berbagi udara dengan penyelam lain dalam situasi darurat. Alat ini biasanya berwarna kuning dan harus dipakai di antara segitiga antara dagu dan sudut tulang rusuk kamu agar mudah ditemukan.

6. Submersible Pressure Gauge (SPG)
Memberi tahu kamu berapa banyak udara yang tersisa di tangki silinder. Kamu harus memeriksa secara teratur untuk menghindari situasi kekurangan udara.

7. Masker
Sedikit berbeda dari kacamata renang, karena memiliki penutup pada hidung juga, yang digunakan untuk menjebak udara di sekitar mata dan hidung sehingga kamu dapat melihat di bawah air.

8. Fins atau Kaki Katak
Menyediakan area permukaan yang luas untuk kaki, sehingga kita bisa bergerak di bawah air dengan menendang dibanding menggunakan tangan. Tipe dasar ada 2 jenis, yaitu kaki penuh dan tumit terbuka. Untuk tumit terbuka, digunakan dengan booties, untuk digunakan untuk berjalan di sepanjang pantai sebelum menyelam, misalnya.

9. Dive Komputer
Biasanya digunakan di pergelangan tangan untuk memberitahu kamu tentang kedalaman, waktu penyelaman, suhu air, menghitung waktu yang tersisa untuk menyelam.

10. Sistem Pemberat
Pemberat memberikan bobot untuk mengimbangi daya apung sehingga kamu dapat turun ke bawah air. Alat ini memiliki beberapa jenis:
  • Pemberat sabuk : Digunakan seperti ikat pinggang pada pinggul kamu dengan gesper dan logam berat yang biasanya terbuat dari timah.
  • Pemberat terpadu : Terintegrasi dengan saku BCD, dengan mekanisme quick-release untuk dilepas dengan mudah dalam keadaan darurat.


2 Responses to "Standart Kelengkapan Pada Penyelaman (Scuba Diving)"

  1. saya mau tau itu perlengkapan scuba diving menggunakan standard apa ya,,contoh kalo kacamata safety anzi z87.1

    BalasHapus
  2. Saya mau tanya kalau mengurus K3 penyelaman kita harus koordinasi dengan siapa atau kita laporan kesiapan

    BalasHapus