Latest Updates

Mengenal Car Free Day


Car Free Day (CFD) atau Hari Bebas Kendaraan Bermotor adalah kegiatan yang telah dilakukan di kota-kota di Indonesia dengan kegiatan utama adalah penutupan jalan selama beberapa waktu dari arus lalu lintas kendaraan. Namun demikian, kendaraan angkutan umum masih bisa melintasi jalan tersebut. Untuk memanfaatkan ruang jalan yang ditutup maka dilakukan berbagai kegiatan seperti petunjukan kesenian, hiburan, permainan anak-anak, olahraga, lomba-lomba, parade sepeda dan kegiatan festival jalanan lainnya. Kegiatan ini ditujukan untuk memberikan suasana yang berbeda pada kota tersebut.

Di Indonesia hari bebas kendaraan bermotor pertama kali diselenggarakan tahun 2000 di Surabaya. Kegiatan tersebut merupakan bagian dari kampanye peningkatan kualitas udara kota yang bernama "Segar Suroboyoku Rek". Sedangkan sejak 2002, Jakarta menyelenggarakan Car Free Day pada tahun 2002, 2003, 2004, 2005 dan 2006. Kegiatan tersebut pertama kali dilaksanakan oleh koalisi LSM Lingkungan sebagai wadah penampung aspirasi masyarakat dalam pembuatan kebijakan publik. Menurut teori Berger dan Neuhaus (1977) LSM Lingkungan tersebut dijadikan sebagai Institusi Mediasi yang berfungsi menyalurkan kepentingan warga dan media resolusi terhadap kualitas udara dengan tujuan utama kampanye mengurangi penggunaan kendaraan pribadi sebagai sumber utama pencemaran udara di Jakarta. Dalam setiap Car Free Day selalu diadakan promosi penggunaan alat transportasi alternatif untuk mengurangi penggunaan kendaraan pribadi seperti angkutan umum, sepeda, dan fasilitas pejalan kaki.

Car Free Day dimaksudkan untuk mengurangi beban pencemaran udara dan kemacetan dari kegiatan transportasi. Beban polutan di beberapa ruas kota di Indonesia sudah cukup tinggi. Selain itu car free day bertujuan untuk mensosialisasikan kepada masyarakat untuk menurunkan ketergantungan masyarakat terhadap kendaraan bermotor. Car Free Day sebenarnya merupakan hari di mana warga kota seharusnya beralih ke transportasi tidak bermotor (non motorized transport) atau beralih menggunakan kendaraan umum sebagaimana dilakukan di kota Mexico yang dikenal dengan The Day Without Car. Kegiatan ini biasanya didorong oleh aktivis yang bergerak dalam bidang lingkungan dan transportasi.

Tema penting dalam hari bebas kendaraan bermotor, adalah tinggalkan kendaraan bermotor di rumah dan berjalan kakilah atau gunakan kendaraan tidak bermotor ataupun menggunakan kendaraan umum untuk perjalanan panjang. Kelompok-kelompok pecinta sepeda, sepatu roda, jogging, dan egrang sangat menikmati aktivitasnya dengan ruang yang lapang, lega dan udara yang bersih. Dampak positif lain yang hadir dari penerapan CFD ini adalah animo masyarakat untuk berolahraga yang meningkat. Ruas-ruas jalan yang ditetapkan sebagai kawasan CFD hampir selalu dipenuhi masyarkat yang berolahraga. Mulai dari sekedar berjalan kaki, bersepeda bahkan tak jarang yang bermain sepak bola atau bulutangkis. Kondisi ini berdampak langsung kepada peningkatan kualitas kesehatan masyarakat. Rasa penat dan letih bahkan stres akibat kemacetan selama hampir seminggu berusaha mereka obati dengan memanfaatkan CFD untuk berolahraga atau bersantai bersama keluarga. Tua muda, anak-anak hingga manula. Tak heran kiranya jika banyak anggota masyarkat yang berharap CFD dilangsungkan lebih sering dan lebih luas.

Namun demikian, harus diakui kalau Car Free Day baru mengalihkan arus dan volume kendaraan di satu tempat ke tempat lain. Untuk mencapai tujuan substantif memang perlu waktu. Pencanangan Hari Bebas Kendaraan Bermotor harus terpadu dengan penyediaan transportasi publik yang memadai. Sedangkan untuk mendorong warga menggunakan alat transportasi tidak bermotor seperti sepeda atau berjalan kaki harus disertai dengan penyediaan jalur lambat dan trotoar dengan tanaman peneduh yang memadai. Car Free Day juga harus disertai kebijakan untuk mendorong penggunaan kendaraan secara bersama seperti komunitas nebeng (car pool) di Jakarta, antar jemput anak sekolah, antar jemput karyawan kantor pemerintah dan swasta. Nampak bahwa Hari Bebas Kendaraan Bermotor bukan kegiatan yang steril dari kegiatan lain. 

Spiritnya adalah mengubah budaya bertransportasi dari kendaraan pribadi ke kendaraan umum dan bersama atau yang tidak bermotor. Mudah-mudahan hal itu bukan sekadar peristiwa ritual melainkan mampu memancarkan semangat memecahkan salah satu persoalan lingkungan di kota-kota tercinta di Indonesia. Selamatkan Lingkungan Kita, Selamatkan Bumi, Selamatkan Indonesia!!!





Referensi :
http://id.wikipedia.org/wiki/Hari_bebas_kendaraan_bermotor
http://www.leadership-park.com/new/action/car-free-day-langkah-efektif-kurangi-dampak-pemanasan-global.html
sumber gambar : http://angelwithoutwings12.blogspot.com/2012/09/car-free-day-efektifkah.html


0 Response to "Mengenal Car Free Day"

Posting Komentar